Senin, 02 Mei 2016

Bagaimana memilih travel agen untuk Umroh?




Sekitar Bulan Februari 2016 saya mengunjungi pameran haji dan umroh yang menyediakan stand-stand berisi agen haji dan umroh di JCC Senayan. Sengaja ke sini supaya ketika saatnya saya sudah mantap berangkat saya sudah ada beberapa pilihan agen yang rekomended. Tapi pada kenyataannya sih ga ada satupun dari agen-agen tersebut yang saya datangi. Alasannya sih simple karena kantornya jauh dari kosan. Padahal kan untuk keperluan umroh ga hanya sekali saja datang ke-agen. Jadi saya putuskan untuk mensurvey langsung agen travel terdekat, dan daerah Mampang adalah satu-satunya daerah yang terjangkau dari kosan, selain itu ternyata banyak agen travel di di Mampang. Dari sekian travel agen akhirnya saya memilih agen travel Talbia yang bertempat di Niffaro Park, Kalibata (awalnya berlokasi di Mampang).
Beberapa tips yang bisa saya berikan saat memilih agen travel haji dan umroh:
1.       Jika ingin memilih agen travel, sebaiknya mensurvey langsung ke lokasi, tanyakan apa saja yang kita perlukan. Karena langsung bertanya itu lebih memantapkan hati saat memilah-milih nantinya.
2.       Tanyakan harga dan fasilitas, apakah masuk akal?
Jika mereka memberi harga di bawah 20 juta bisa dipastikan itu adalah penipuan, karena rata-rata yang saya survey range mereka adalah 22 juta - 30 juta untuk kelas promo atau regular yaaa..
3.      Tanyakan tentang pembimbing (ini penting) karena kita sudah bayar mahal untuk beribadah alangkah sayangnya jika kita tidak benar-benar dibimbing dengan baik atau malah terbengkalai.
4.      Dalam satu keberangkatan berapa maksimal jumlah jamaahnya?, menurut saya jumlah jamaah yang diberangkatkan ini sangat penting dan berpengaruh saat beribadah umroh. Bayangkan dari yang saya survey ada agen yang memberangkatkan sekitar 100-150 jamaah hanya dengan satu pembimbing umroh saja, (aaiiisshhh segitu banyaknya hanya satu pembimbing saja? Langsung saya eliminasi)
5.      Apa saja fasilitas yang diberikan? Bagaimana kondisi hotel?
6.      Tanyakan kapan manasiknya dilaksanakan? Karena ada juga travel hasil survey yang melakukan manasik H-1 (langsung saya eliminasi), nah kalo H-1 bagaimana saya mempunyai waktu untuk menghafal doa-doa nya? Bagaimana pula saya mengerti tata cara umroh yang benar?

Lalu, kenapa saya memilih Talbia sebagai agen travel umroh?
1.       Mereka memberikan satu pembimbing dari mulai manasik hingga ibadah umroh di Mekkah. Ini membuat saya yakin pembimbing akan membimbing dengan benar. Karena tak sedikit pula agen travel yang pembimbing di Indonesia hanya membimbing saat manasik dan keberangkatan, setelahnya di Mekkah akan ada pembimbing baru lagi.
2.       Jamaah yang diberangkatkan dalam satu keberangkatan maksimal hanya 35-45 jamaah saja.
3.      Saya menggunakan umroh promo sekitar 1650 usd - 1850 usd, menggunakan pesawat Royal Brunei. Kenapa? Meskipun promo, pesawat dari Jakarta harus transit di Brunei terlebih dahulu, tapi saya lebih mantap menggunakan maskapai ini dibanding maskapai lain seperti SQ airlines, karena pesawat ini dimiliki oleh Brunei yang jelas-jelas negara yang menerapkan hukum islam. Lalu hasil brosing banyak mengatakan bahwa sebelum keberangkatan ada doa bersama sesuai tuntunan islam (pre-flight prayer) juga disediakan daftar murrotal dan shalawat nabi yang bisa kita dengarkan. Dan yang pasti yang membuat saya lega adalah makanan yang disediakan halal, jadi saya tidak perlu susah-susah mengatakan NO PORK!!
4.      Hasil brosing saya, di salah satu web ada yang merekomendasikan Talbia sebagai travel terbaik ketiga karena pembimbingannya. Talbia bekerjasama dengan pembimbing yang biasanya membimbing saat Haji. Juga terdapat mahasiswa Indonesia di sana yang sudah terbiasa membantu kemenag untuk membantu jamaah haji. Pembimbing saya adalah Ust. Bali Pranowo (bisa di search di google, pasti ketemu).
5.      Manasik dilakukan 2 minggu sebelum keberangkatan. Dan dari penjelasan sang ustad saja saya sudah hampir ingin meneteskan air mata mendengar cerita-cerita beliau. Juga ketika latihan mengucapkan kalimat talbiyah berulang-ulang. Belum lihat kabah langsung saja hati saya sudah bergetar dan pengen cepat-cepat ke sana. Merinding rasanya.
So, yang pengen Umroh survey terlebih dahulu yaa,,jangan tergesa-gesa memilih travel umroh. Karena kita akan mengeluarkan uang yang tak sedikit. Selain biaya umroh ada juga biaya-biaya lain selain itu,, apa saja biaya nya? Ceritanya disini yaa?

1 komentar: